Mencari keridhoan Allah swt

Pidato Abu Bakar as-siddiq sesaat setelah diangkat menjadi khalifah

Ilustrasi


Setelah Abu Bakar terpilih menjadi khalifah, ia naik

ke atas mimbar dan menyampaikan pidato pengukuhan.

"Kini sungguh aku benar-benar ditempatkan dalam

otoritas ini, meski aku enggan untuk menerimanya. Demi

Allah, sungguh aku akan merasa bahagia seandainya salah

seorang di antara kalian ada yang bersedia menggantikan

kedudukanku ini. Aku hanyalah makhluk yang mengenal

salah dan alpa, bila kalian melihatku berada di jalan yang

benar, maka taatilah aku! Namun bila kalian melihatku

menyimpang dari kebenaran, maka luruskanlah aku!"

"Ketahuilah wahai rakyatku! Bahwa ketakwaan

adalah kebajikan yang paling kuat. Dan kejahatan yang

paling keji adalah yang berlawanan dengan ketakwaan

itu sendiri. Sungguh, orang yang paling kuat di antara

kalian adalah orang yang paling lemah di hadapanku,

karena aku akan menuntut apa yang sudah menjadi kewajibannya.

Dan orang yang paling lemah di antara kalian

adalah orang yang kuat di hadapanku, karena aku akan

memberinya apa yang menjadi hak mereka. Kiranya,

inilah yang dapat aku sampaikan kali ini. Semoga Allah

memberikan rahmat-Nya padaku dan kalian semua."

0 komentar:

Posting Komentar