Mencari keridhoan Allah swt

qarin ( jin pendamping manusia )

ilustrasi

Qarin adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk kepada malaikat dan jin(golongan setan) yang mendampingi setiap manusia. Istilah ini digunakan di dalam Al-Qur'an dan dikatakan bahwa Qarin itu mengikuti manusia sejak lahir hingga mengalami ajalnya. Kedua makhluk itu dianggap sebagai "kembaran setiap manusia".

Jadi jika seorang manusia meninggal dunia, maka qarin ( jin pendamping ) orang itu tetap ada. Qarin ini yang terkadang menampakkan wujudnya yang banyak orang mengira adalah arwah orang yang meninggal tadi.

Pada umumnya Jin Qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat ketika hendak membaca Al-Quran dan sebagainya dan ia bekerja sekuat tenaga untuk menghalangi dampingannya beribadah dan berbuat kebaikan.Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah mengutus Malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak membuat kebaikan.

- Hadist pendukung

Abadullah Bin Mas'ud mengatakan bahwa : Rasulullah saw bersabda;"Tidak ada seorangpun diantara kalian yang tidak ditunjuk untuknya Jin pendamping (Qarin)".
Para sahabat bertanya; "Termasuk anda ya Rasulullah ?, "Ya" jawab Nabi, Hanya saja aku mendapat pertolongan Allah,sehingga Jin pendampingku masukIslam, dan dia tidak pernah mengajakku kecuali yang baik-baik".

Dalam tafsir Ibn Katsir dinyatakan bahwasanya Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan, “Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7:403)
Nabi Muhammad saw bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” (HR. Muslim)Imam An-Nawawi mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi muhammad saw juga memberi tahu bahwa dia bersama kita, agar kita selalu waspada sebisa mungkin. (Syarh Shahih Muslim, 17:158)

Adapun Jin yang muslim, maka tugasnya tidak lain adalah beribadah kepada Allah. Allah berfirman "Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat [51]: 56).Demikian pula jin muslim juga turut membantu dakwah nabi saw, "Sesungguhnya pernah datang kepadaku utusan Jin dari Nashibin, dia adalah sebaik-baik jin lalu minta kepadaku tentang bekal". (Shahih Bukhari, 3571).

Demikian pula kisah Jin Muhayr bin Habbar membantu dakwah nabi Muhammad saw, kemudian jin itu diganti namanya oleh nabi Muhammad saw menjadi Abdullah bin Abhar.
Sa’id al-Jariri mengomentari ayat yang berbunyi,“Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Alquran), kami adakan baginya setan.”(QS. Az-Zukhruf: 36).
Ia berkata ( Sa'id al-Jariri ), “Telah sampai berita kepada kami bahwa orang kafir apabila dibangkitkan pada hari kiamat, setan akan mendorong dengan tangannya, hingga ia tidak bisa melawannya, sampai Alloh menempatkannya di api neraka, dan ketika itu ia berkata, ‘Aduhai, semoga (jarak) antaraku dan kamu seperti jarak antara timur dan barat.’ (QS. Az-Zukhruf: 38).
Sementara, orang mukmin akan diwakilkan padanya malaikat sampai ia diadili di antara manusia dan menempatkannya dalam surga.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai qarin ( jin pendamping ) manusia. Maka barangsiapa yang berpaling dari petunjuk yang lurus, yaitu Alquran dan sunah, maka baginya akan diadakan oleh Allah swt yaitu setan, yang akan menyesatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar